Artikel ini menjelaskan tentang kegunaan bahasa dalam dunia bisnis dan hubungannya . Dari artikel ini kita bisa belajar tentang bahasa itu apa dan kita juga bisa tahu pendapat pendapat para ahli tentang bahasa.
Bahasa merupakan salah satu cabang ilmu yang mempunyai peran penting dalam bidang yang lain. Dalam bidang ekonomi atau bisnis, bahasa dapat digunakan sebagai alat untuk mengomunikasikan produk kepada konsumen. Misalnya dalam menerapkan strategi pemasaran dengan bauran pemasaran yang menerapkan aspek 4P (product, place, price, dan promotion). Kesesuaian strategi dan kiat atau teknik-teknik tertentu dalam mempromosikan produk atau jasa tentu harus menjadi perhatian. Misalnya dengan teknik iklan, personal selling, publikasi, dan exhibition. Hal tersebut bertujuan agar konsumen dapat tertarik terhadap produk yang ditawarkan.
Crowley dan Miitchel (1998: 128) menyatakan bahwa suatu cara yang menarik dalam
mendeskripsikan suatu tindakan komunikasi yaitu untuk menjawab siapa,
berkata apa, pada chenel apa, pada siapa, dan dengan efek apa. Teori
ini dikenal dengan teori pesan transmisi. Sementara, Shannon dan Weaver (1998)
memberi diagram representasi tentang teori pesan transmisi yang disebut teori
matematik komunikasi.
Teori ini diorientasikan pada aspek teknik komunikasi. Sehingga dapat
dikatakan bahwa teknik komunikasi mempunyai peranan penting. Selain itu,
teori ini menggunakan channel baik sebagai media secara teknis maupun
secara alami.
Dengan mempertimbangkan teori komunikasi, Shannon (dalam Crowley &
Mitchell, 1998:129) dan teori pragmatik komunikasi menurut Hickey (1990:16)
dapat disimpulkan bahwa dalam mencapai komunikasi yang efektif, komunikator
harus mensintesis dua teori ini. Dengan kata lain, komunikasi dapat mencapai
kesuksesan jika ada sharring dan shaping. Sehingga penggunaan
bahasa harus pula memperhatikan konteks antara pengirim pesan dan penerima
pesan.
Berdasarkan teori,, komunikasi dalam bidang bisnis berlangsung efektif apabila
antara sender (produsen) dan receiver (konsumen) saling
memahami pesan yang dikomunikasikan secara langsung maupun melalui media.
Misalnya, bahasa juga dapat difungsikan sebagai alat untuk pencitraan produk.
Salah satu tujuan pencitraan produk adalah agar konsumen memilih dan tetap
setia terhadap produk yang ditawarkan. Sehingga aspek pemasaran sangat
memperhatikan bauran pemarasan (Kotler, 1989) yang meliputi 4P, yaitu a) Product,
yaitu bentuk barang atau jasa yang diproduksi oleh suatu unit usaha yang ingin
dipasarkan guna memenuhi kebutuhan konsemen. b) Place, yaitu tempat
yang digunakan untuk mendistribusikan atau dipajang (display) barang
yang diproduksi untuk menarik konsumen. c) Price, yaitu harga atau
nilai terhadap barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Harga dapat
menentukan daya saing dan segmen pasar. Misalnya produk berkualitas tinggi akan
berharga tinggi dan sebaliknya. d) Promotion, yaitu usaha yang
dilakukan produsen untuk menarik konsumen akan barang atau jasa yang
ditawarkan.
sumber : Crowley dan Mitchell. 1998. Communication Theory. Cambridge: Polity Press Association.


0 komentar:
Post a Comment